Loading...

Sekolah Islam Daarul Ilmi

Profil Sekolah Islam Daarul Ilmi

Berdirinya Sekolah Islam Daarul Ilmi

Setiap anak telah dibekali oleh Allah Ta’ala dengan kecerdasan majemuk yang menjadikannya mampu bertahan hidup dalam rangka menggapai ridha Rabb-nya. Kecerdasan tersebut perlu terus diasah dan dilengkapi dengan berbagai keterampilan hidup dasar (essential life skills) sehingga anak mampu beradaptasi secara dinamis dalam lingkungan yang beragam, dan tetap persisten dengan syariat Islam.

Alhamdulillah, dengan niat untuk ikut menjaga amanah dari Allah Ta’ala tersebut, dengan seizin Allah Ta’ala, kami, Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok, mendirikan SD Islam Daarul Ilmi Depok pada tahun ajaran 2014/2015. Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, Sekolah Dasar Islam Daarul Ilmi Depok mengakomodasi 149 orang siswa Sekolah Dasar dari jenjang kelas 1 (satu) hingga kelas 5 (lima), dengan kelas yang terpisah antara siswa banin (laki-laki) dan siswa banat (perempuan).

Visi dan Misi Sekolah

Visi Sekolah

Menjadi sekolah bermanhaj ahlussunnah yang menjadi rujukan dalam menghasilkan generasi yang shalih, cerdas, terampil, dan mandiri.

Misi Sekolah

  • Membentuk kepribadian muslim yang shahih, kuat, dan berakhlak mulia dengan pemahaman salafush shalih.

  • Mengembangkan kecerdasan majemuk dan keterampilan hidup (essential life skills) bagi peserta didik sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi dalam diri mereka.

  • Mewujudkan sekolah yang ramah anak dan dalam koridor syari’at Islam yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Tujuan Sekolah

  • Membentuk kepribadian anak yang sahih dan berakidah shahih dengan pembiasaan adab dan akhlak Islami serta sunnah sehari-hari dengan landasan pemahaman akidah yang shahih.

  • Mengidentifikasi dan mengembangkan potensi kecerdasan majemuk anak sesuai tahap perkembangan fisik, mental, dan psikologis.

  • Membantu anak mengenali diri sendiri, kemampuan, kelebihan, dan kelemahannya agar mampu bersikap bijak pada diri sendiri, terbentuk self control, kemampuan adaptasi terhadap keadaan penuh tekanan (stress) dan engaged learning.

  • Membantu anak berpikir kritis, logis, inovatif, kreatif, beranimengambil tantangan, bertanggung jawab (amanah) dan fokus, dalam bingkai iman dan aqidah yang shahih.

  • Membantu anak dalam mengembangkan potensi dan kapasitas diri dan sekaligus mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, menjalin hubungan dan bermuamalah dengan manusia dengan didasari akhlaqul karimah.

Kurikulum Sekolah

Kurikulum Sekolah Islam Daarul Ilmi Depok (TK dan SD) terdiri dari tiga komponen, yakni kurikulum umum, diniyah, dan Al-Qur’an. Kurikulum umum mengacu pada Kurikulum Nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 yang disesuaikan dengan psikologi perkembangan anak. Kurikulum diniyah disusun dan diaplikasikan secara independen, dan juga secara simultan yang dimasukkan dalam muatan kurikulum umum (baik bahasa, sosial maupun sains) untuk menanamkan manhaj ahlussunah dalam aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalah sejak dini. Kurikulum Al-Qur’an terdiri dari 2 komponen, yakni: tahfidzul Qur’an dan tilawatul Qur’an. Tahfidzul Qur’an menggunakan metode talqin individu dengan target satu juz dalam satu tahun, dan secara bertahap berpindah ke metode tasmi’ seiring dengan meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an (tilawatul Qur’an).

Selama proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, guru dituntut untuk menjadi penutan (role model) agar anak didik lebih memahami esensi pembelajaran, dan tentu saja aplikasi yang seharusnya baik dalam aqidah, akhlak, ibadah dan muamalah sehari-hari. Outing class juga dilakukan seperti kunjungan ke rumah yatim piatu, panti jompo, rumah industri, peternakan, perkebunan/pertanian dan sebagainya. Semua ini dilakukan dalam rangka menginternalisasi nilai-nilai kehidupan dalam diri anak.

Program Unggulan Sekolah

  • Tahfidzul Qur’an 1 Juz 1 tahun
  • Praktik ibadah
  • Integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah
  • Parenting session untuk mengevaluasi pencapaian perkembangan anak
  • Story telling
  • Evaluasi berkala mengenai profil minat, dan bakat

  • Pembentukan karakter dan akhlak yang mulia

Kegiatan Penunjang dan Ekstrakurikuler

Untuk mempersiapkan generasi muslim yang tangguh, Kami mempersiapkan kegiatan ekstrkurikuler yang dapat diikuti oleh ananda. Kegiatan ini meliputi TPA (Taman Pendidikan Alquran) dan Panahan. Kegiatan ini dilakukan di luar kegiatan mata pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ASESI

Asosiasi Sekolah Sunnah Indonesia